Cara Ampuh Merebut Hati Murid
Judul Buku : Cara Ampuh Merebut Hati MuridPengarang : Joko Wahyono Editor : Johanes TrihartantoCetak Sumber Berita: http://localhost/perpus/berita-cara-ampuh-merebut-hati-murid.html#ixzz5SC7xSoH0 Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercia

By Hilis 24 Feb 2017, 15:28:40 WIB Koleksi Terbaru





Cara Ampuh Merebut Hati Murid

Guru adalah pendidik, yaitu orang yang mendidik atau melakukan kegiatan dalam bidang pendidikan. Tuganya sangat berat, bagaimana guru harus mampu merespon stimulus dari perilaku anak didiknya yang beragam, bagaimana guru menahan emosi dan mengarahkan anak untuk berperilaku sesuai dengan yang diharapkan. Ada 5 (lima) cara AMPUH merebut hati murid, yaitu:

A  = Asertif dalam bertindak

M = Menghargai murid anda

P  = Pandai membina  hubungan baik

U  = Usaha optimal

H  = Hindari kekerasan dan rasa takut

Asertif dalam betindak artinya guru bertindak tegas tanpa mempermalukan murid (I’m OK, You’re OK). Tegas berarti menegakkan aturan secara konsisten dan penuh komitmen. Selain tegas guru juga haru bersikap mengayomi para siswa.

Menghargai murid sama halnya dengan memberikan pujian kepada murid, banyak manfaat dari memuji ini, yaitu menunjukkan penghargaan, memastikan perilaku baik terus berulang, membangun hubungan dekat dan komunikasi positif serta memberikan contoh kepada murid agar mengikuti perilaku baik.

Pandai membina hubungan baik, dapat dilakukan dengan komunikasi yang efektif, cerdas, mengandung bahasa motivasi dengan bahasa tubuh yang baik namun tetap memperhatikan rasa humor. Sehingga dapat menghangatkan suasana kelas namun  tetap menciptakan antusiasmesiswa dalam belajar.

Usaha optimal artinya guru wajib berusaha dengan baik diawali dengan niat yang baik, ucapkan dengan lisan dan amalkan dengan perbuatan.

Hindari kekerasan dan rasa takut, artinya kekerasan dan rasa takut berdampak negatif bagi perkembangan siswa. Secara psikologis mereka menjadi kurnag percaya diri, renadh diri, dan merasa tidak berarti di lingkungannya sehingga siswa merasa tidak termotivasi untuk menggali potensinya.

Dalam buku ini ditampilkan pula sosok guru-guru inspiratif seperti Bapak Suyono, SE. guru SD Samarinda yang menjadi wali kelas yang menyenangkan, Bapak Wariadi. M.Pd. guru mtematika, menurutnya komunikatif dan logis adalah kunci dalam mengejar matematika menjadi mudah dan menyenangkan. Dan Ibu Ameliasari guru MAN Salatiga yang menurutnya banyak cara dalam menjawab tantangan masa depan bagi anak muridnya.

 

LINK AKADEMIK

Sistem Informasi Tugas Akhir dan Akademik (SISTA) Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) wisuda Online web Mail Tirta Repository Tirta Administrasi Tirta Jurnal Pengumuman PMB pengumuman UMM

Statistic Kunjungan

002942


Pengunjung Hari ini : 31
Total pengunjung : 2942
Hits hari ini : 103
Total Hits : 15006
Pengunjung Online : 1