Berita

REPOSITORY UNTIRTA

Hilis | Kamis, 22 Juni 2017 - 12:58:45 WIB | be reader: 205 reader

Repositori Universitas Sultan Ageng  adalah situs online yang berisi dokumen-dokumen digital yang dapat diakses melalui internet. Repositori ini dibangun sendiri oleh Pusat Data dan Informasi (PUSDAINFO) sebagai pengembang bekerjasama dengan UPT Perpustakaan sebagai perancang konten. Nama Repositori Untirta adalah “Tirta Repositori Universitas Sultan Ageng Tirtayasa”. Tujuan dari repositori ini adalah untuk mempublikasikan dokumen digital karya ilmiah warga akademika.

Dokumen digital repositori Untirta meliputi:

1. Tugas akhir, yang terdiri dari: Skripsi, Tesisi, dan Disertasi, serta tugas akhir Diploma

2. Hasil Penelitian, yang terdiri dari hasil penelitian dosen dan mahasiswa

3. Terbitan Untirta, yang terdiri dari semua gray literature yang diterbitkan Untirta seperti Pidato Rektor, Prosiding, dll.

Dokumen digital tersebut mencakup bidang-bidang yang ada di Untirta, yaitu:

1. Pendidikan

2. Hukum

3. Ekonomi

4. Ilmu Sosial dan Politik

5. Pertanian

6. Teknik

Repositori Universitas Sultan Ageng Tirtayasa beralamat di http://repository.untirta.ac.id.

Repositori Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dapat diakses secara terbuka bagi warga Untirta dan umum. Untuk dapat mengakses secara fulltext, user harus menjadi member. Keanggotaan ini dapat berasal dari seluruh sivitas akademika dan karyawan Untirta serta masyarakat umum. Untuk menjadi member, user dapat membuka repositori Untirta kemudian mengisi form registrasi yang telah disediakan. Kegunaan menjadi member adalah dapat mengakses fulltext karya ilmiah, dengan login terlebih dahulu.

Dokumen digital yang di upload adalah karya ilmiah yang telah melalui serangkaian proses alih media di bagian verifikasi karya ilmiah (penerimaan karya ilmiah) dan disertai dengan dokumen surat pernyataan publikasi karya ilmiah yang telah ditanda tangani oleh penulis sendiri. Penyerahan karya ilmiah dapat dilakukan dengan cara:

-kontributor menyerahkan karya ilmiahnya langsung ke perpustakaan

-melalui email, kontributor mengirimkan dokumen digitalnya melalui email kemudian diverifikasi oleh admin, dan akan diklarifikasi melalui email. Apabila karya ilmiah sudah sesuai ketentuan, maka akan dilanjutkan ke bagian penyerahan karya ilmiah untuk dibuatkan bukti penyerahan karya ilmiah.

Repository Untirta dilengkapi dengan fitur “pencarian” semua dokumen digital karya ilmiah warga Untirta yang telah melalui serangkaian proses sesuai ketentuan. Laman pencarian dilengkapi dengan kata kunci, tahun terbit, kategori dan bidang ilmu.