Berita

Rapat koordinasi menjelang Ramadhan

Hilis | Senin, 05 Juni 2017 - 08:59:02 WIB | be reader: 154 reader

Sehari menjelang puasa, rapat koordinasi UPT Perpustakaan dilaksanaan di ruang referensi, diikuti seluruh pegawai perpustakaan. Agenda yang dibahas meliputi: Penyusunan laporan tahunan, Hasil akreditasi perpustakaan, Evaluasi, dan Rencana kerja.

Penyusunan laporan tahunan sudah mencapai 90%, semua laporan kegiatan yang dilakukan pegawai perpustakaan baik itu kegiatan teknis fungsional pustakawan maupun kegiatan lainnya. Sertifikat akreditasi pun sudah diterima dengan kategori nilai “B”. Ada beberapa evaluasi yang perlu ditindaklanjuti tiap bagian, diantaranya: updeting web perpustakaan, kebersihan ruangan dan toilet perpustakaan, ketertiban dan keamanan perpustakaan. Beberapa kegiatan yang telah dan sedang dilaksanakan diantaranya: pengadaan study currel, pengadaan buku, peresmian SPT Point yang direncanakan pada saat penerimaan mahasiswa baru.

Pada kesempatan ini diisi pula dengan berbagai permasalahan dan masukan dari pegawai perpustakaan, yaitu: permasalahan akses skripsi baik yang tercetak maupun elektronik, penertiban peminjaman buku, serta masukan pengalihan kegiatan pengadaan merchandise. Permasalahan skripsi adalah tidak diupdatenya hardcopy sehingga pemustaka tidak bisa mengakases skripsi terbaru yang sifatnya cetak, karena ke depan akses skripsi akan secara elektronik sehingga penyediaan hardcopy skripsi dihentikan. Namun demikian perlu penambahan server tersendiri untuk layanan stand alone skripsi dan pegawai yang khusus mengelola skripsi ini. Untuk itu, dirasa perlu penambahan pegawai sebanyak 3 (tiga) orang. Sementara itu, penertiban peminjaman buku perlu dilakukan karena untuk mengontrol sirkulasi buku yang dipinjam pemustaka, sehingga ke depan tidak akan ada pemustaka yang sampai bertahun-tahun tidak mengembalikan buku. Bagian layanan sirkulasi harus menjalankan SOP nya dengan baik, setiap bulan membuat rekapan pemustaka yang tidak mengembalikan buku dan dilaporkan ke bagian tata usaha untuk dibuatkan surat pemberitahuan dan surat peringatan. Sementara bagian web akan mempublishnya melalui web sehingga pemustaka dapat melihatnya dari web perpustakaan. Ketentuan ini harus disosialisasikan kepada pemustaka melalui web dan dimasukkan dalam POB yang ada. Sementara itu, pengadaan merchandise akan dialihkan kepada kegiatan stock opname tahun 2017.

Di akhir rapat koordinasi Kepala UPT Perpustakaan menyampaikan ucapan selamat menyambut Ramadhan dengan diakhiri saling memaafkan antar pegawai perpustakaan. Semoga Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. Puasa bukan suatu halangan untuk bekerja dan berkarya, tetap terus meningkatkan kinerja perpustakaan.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, semoga Allah swt menerima amal ibadah puasa kita. Aamiin.