Berita

Pelantikan FPPTI Wilayah Banten periode 2

Hilis | Rabu, 04 Januari 2017 - 09:03:28 WIB | be reader: 82 reader

Serang, 21  Desember 2016 kemaren, bertempat di Ruang Auditorium Gedung B Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) berlangsung pelantikan pengurus FPPTI Wilayah Banten periode 2016-2019. Pengurus FPPI Wilayah Banten dilantik langsung oleh Sekjen FPPTI Pusat Mariyah, S.Sos., M.Hum dan dihadiri oleh Rektor Untirta, Prof. Dr. Sholeh Hidayat, M.Pd., unsur pimpinan struktural di lingkungan Untirta, Sekretaris Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD ) Prov. Banten Drs. Yaya Suhendar, M.Si.,  dan perwakilan perguruan tinggi di wilayah Banten. Rangkaian acara pelantikan dimulai dengan pembacaan SK Pengurus FPPTI Banten Nomor 16/FPPTI-V/VIII/2016, dilanjutkan dengan Pengambilan sumpah yang dipimpin oleh Sekjen FPPTI Pusat dan diikuti oleh seluruh Pengurus FPPTI Wilayah Banten, penandatanganan berita acara pelantikan, dan penyerahan bendera Pataka FPPTI Wilayah Banten dari Sekjen FPPTI Pusat kepada Ketua FPPTI Wilayah Banten yang terpilih.

Adapun susunan kepengurusan FPPTI Banten adalah sebagai berikut: Penasehat terdiri dari Prof. Dr. Sholeh Hidayat, M.Pd., Prof. Dr. H. Fauzul Iman, Dr. Fatah Sulaiman, Dr. Filiana Santoso, Ketua: Udin Hermawan Sutanto, SH., MH., Wakil Ketua R. Kania, Sekretaris Orisa Mahardhini, Wakil Sekretaris An Dian Yuniarti, Bendahara Maria Lamuri, Wakil Bendahara Rismiyati, Penanggung jawab Bidang Humas dan Publikasi Nia Kurniawati, dengan anggotanya Maman Surochman, Hilis Normania, dan Nani Nurwulan. Penanggung jawab Bidang Kerjasama dan Usaha Nurhadi Susanto dengan anggotanya Kornayati, Nurcholis, dan Eko Heri Darmawan. Penanggungjawab bidang Pendidikan dan Penelitian M. Farid Wajdi dengan anggotanya Aip Rohadi, Nuni Hadiyati, dan Anrika Rahman. Penanggung jawab Bidang Pengembangan SDM dan Sertifikasi nadih dengan anggotanya Aulia nurdiansyah dan Nurbaiti.

Pada kesempatan tersebut, Sekjen FPPTI memberikan sambutannya dengan membacakan pesan dari ketua FPPTI Pusat. Beliau menyampaikan uacapan selamat kepada pengurus FPPTI Wilayah Banten yang dilantik dengan diikuti riuh tepuk tangan para undangan. Menuurtnya, FPPTI Wilayah Banten merupakan anggota FPPTI yang ke 12 dari FPPTI wilayah yang telah bergabung yaitu FPPTI DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nangro Aceh Darussalam, Gorontalo, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Bali dan akan menyusul FPPTI Wilayah Riau dan Medan. Sekjen FPPTI Pusat berharap FPPTI Wilayah Banten menjadi lokomotif penggerak kepustakawanan khusunya di Banten melalui kegiatan-kegiatan di bidang peningkatan SDM, minat baca, dan literasi informasi masyarakat di Banten. Selain itu, Sekjen FPPTI mengingatkan kepada pengurus FPPTI Wilayah Banten untuk menjalankan kegiatan sesuai visi misi FPPTI, melaksanakan tugas sesuai AD/ART dan rutin membayar iuran tahunan.

Sambutan dilanjutkan oleh Ketua FPPTI terpilih, yaitu Udin Hermawan Sutanto SH., MH. beliau menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh tim panitia pelaksanaan pelantikan sehingga acara ini terlaksana dengan baik meskipun harus undur dari jadwal yang telah direncanakan karena berbarengan dengan Studium General yang disampaikan oleh Kapolri, Jendral Polisi  Tito Karnavian.  Ketua FPPTI Wilayah Banten menyampaikan bahwa FPPTI adalah sebagai wahana kerjasama antar perpustakaan perguruan tinggi dan menjadi mitra dalam melaksanakan pembinaan perpustakaan perguruan tinggi dengan tujuan yang paling mendasar adalah untuk mengoptimalkan peran perpustakaan perguruan tinggi dalam menunjang tri dharma perguruan tinggi disamping membangun kerjasama antar perpustakaan perguruan tinggi. Intinya, FPPTI memberikan saran dan masukan kepada Rektor/Pimpinan perguruan tinggi baik PTN maupun swasta yang ada di wilayah Banten. Kenapa?...menurut Ketua FPPTI bahwa perpustakaan kesannya identik dengan lembaga yang kumh, kusam, jutek, dan SDM yang ditempatkan di perpustakaan merasa diasingkan/dibuang. Oleh karena itu, lanjut Ketua FPPTI Banten, FPPTI ini bertugas di posisi mediasi, memberi pencerahan kepada Pimpinan perguruan tinggi dan SDM yang diberdayakan di perpustakaan.

Sementara itu Rektor Untirta, Prof. Dr. Sholeh Hidayat, M.Pd. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Sekjen FPPTI yang telah hadir dan bersedia melantik Pengurus FPPTI Wilayah Banten di Kampus Untirta. Beliau juga mengatakan bahwa perpustakaan merupakan jantungnya perguruan tinggi dan FPPTI adalah forum yang dibentuk dengan tujuan untuk mengoptimalkan peran perpustakaan perguruan tinggi dalam menunjang tri dharma perguruan tinggi. Dengan FPPTI ini dapat dijadikan sebagai kerjasama antar perpustakaan perguruan tinggi sesuai motonya networking, sharing, and caring. Diakhir sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada ketua yang terpilih dan seluruh pengurus FPPTI wilayah Banten semoga dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya.  Karena ini adalah amanah yang harus dijaga dan harus dijalankan sebaik-baiknya sesuai ketentuan yang berlaku di FPPTI.


Selamat atas pelantikan pengurus FPPTI Wilayah Banten, selamat bekerja, semoga amanah dan dapat memajukan dunia kepustakawanan di wilayah Banten. Semoga...