Koleksi Terbaru

Judul Buku: Dasar-Dasar Pendidikan Pengarang: Dr. Wawan Wahyudin, M.Pd. Penerbit: Tangerang Selatan:

Dasar-Dasar Pendidikan

Hilis | Senin, 27 Februari 2017 - 14:29:05 WIB | be reader: 66 reader

Pendidikan dan pembelajaran merupakan dua sisi yang berbeda sekaligus bersentuhan erat. Pembelajaran merupakan inti pendidikan pada tempat dan situasi apa pun. Praktik pendidikan dan pembelajaran yang tidak dipandu oleh teori atau ilmu pendidikan merupakan awal dari bencana proses kemanusiaan, pemanusiaan, dan pembudayaan manusia. secara ekstrim, praktik pendidikan tanpa teori pendidikan hanya untuk orang yang idiot, sedangkan praktik kependidikan berbasis teori pendidikan hanya menjadi milik orang-orang yang jenius. Menghindarkan praktik kependidikan yang dilakukan oleh orang-orang yang idiot itulah yang menjadi obsesi utama penulisan buku ini. Pendidikan anak bangsa menuntut kehadiran orang yang jenius, yaitu mereka yang mampu memadukan teori dengan praktik kependidikan atau menghindari praktik kependidikan tanpa teori atau ilmu pendidikan. Memang di jaman modern seperti ini, pendidikan makin diyakini sebagai paspor untuk masa depan, karena hari esok adalah milik mereka yang mempersiapkan diri sejak hari ini. Orang yang bijaksana mengatakan “Jika Anda berpikir satu abad, berikan pendidikan yang baik kepada rakyat,” ibarat tanpa pendidikan seseorang tidak pernah kemana-mana di muka bumi ini. Bahkan ada pemikiran yang lebih ekstrim lagi yang menyerukan, “Didiklah anak-anak secara berkeunggulan atau giringlah dia menjadi penggembala domba.”

Buku ini ditulis sebagai bagian dari upaya menghindari kehampaan praktik kependidikan yang muncul karena tanpa berbasis ilmu pendidikan. Atas dasar itu, buku ini disajikan cukup komprehensif, mencakup sembilan bab yaitu, Pertama, definisi pendidikan. Kedua, asas-asa pendidikan. Ketiga, landasan-landasan pendidikan. Keempat, komponen pendidikan. Kelima, teori dan pilar pendidikan. Keenam, sistem pendidikan nasional dan permasalahannya. Ketujuh, aliran-aliran pendidikan.Kedelapan, lingkungan pendidikan. Kesembilan, sistem kelembagaan dan pengelolaan pendidikan nasional.